Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

  • 2 min read
  • Apr 07, 2021
hilangkan bau mulut

Tips cara menghilangkan bau mulut secara alami saat puasa Ramadhan menjadi hal penting guna memaksimalkan ibadah puasa. Terlebih bagi orang-orang yang bekerja atau beraktivitas sehari-hari dengan intensitas kontak antar individu yang cukup tinggi. Dengan nafas segar saat berpuasa, tentu akan lebih nyaman.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

trik menghilangkan bau mulut saat puasa

Momen Ramadhan menjadi waktu beribadah yang harus diperhatikan. Sebagai bulan yang diwajibkan berpuasa, setiap muslim harus tetap mengerjakan aktivitas sembari menahan lapar dahaga. Namun tak hanya masalah menahan nafsu, tetapi juga berhubungan dengan mengkondisikan rongga mulut.Menggosok Gigi dan Merawat Rongga Mulut Secara Optimal

1. Menggosok gigi dan merawat rongga mulut secara optimal

Nafas segar bisa diupayakan dengan rutinitas harian berupa menggosok gigi. Akan tetapi perlu ditinjau lagi bagaimana metode sikat gigi yang dilakukan. Perawatan dengan bantuan alat sikat dan pasta gigi ini sebaiknya lebih dioptimalkan secara intens.
Rangkain cara yang tepat yaitu menggunakan pasta gigi dengan kandungan adas dan eucalyptus. Kemudian diiringi dengan membersihkan area lidah. Selain itu, jika terdapat plak maka lakukan langkah pembersihan oleh dokter. Periksa kembali kondisi gigi berlubang dan buat tindakan untuk mengatasinya.

2. Berkumur dengan Bahan Penghilang Bau

Bau mulut bisa ditimbulkan oleh adanya bakteri yang mendiami area gigi, lidah dan rongga mulut. Oleh sebab itu, lakukanlah cara berkumur yang efektif yakni menggunakan produk mouthwash. Produk obat kumur dibuat dengan bahan khusus yang dapat membantu membunuh kuman bakteri.
Dengan demikian, nafas pun akan kembali segar dan terasa jauh lebih nyaman untuk beraktivitas kembali. Kondisi area mulut yang lebih segar juga membantu membangun kepercayaan diri dan menjaga ibadah tetap khusyuk.

3. Mengkonsultasikan dengan Dokter Jika Terdapat Sakit Maag atau Asam Lambung

Salah satu penyebab bau mulut yang pada saat berpuasa adalah zat asam berlebih pada lambung sehingga menyebabkan baunya keluar. Hal ini biasanya tak cukup dengan pembersihan gigi, lidah dan rongga mulut saja. Namun perlu pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut dengan tenaga kesehatan.
Anda bisa berkonsultasi mengenai penyakit yang memicu bau mulut seperti maag dan asam lambung. Mintalah saran bagaimana agar kondisi mulut tetap segar, misalnya dengan menjaga pola minum dan makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung.

4. Melakukan Langkah Pencegahan dengan Kebiasaan Sehat

Agar bau mulut hilang dan tak kembali lagi, Anda perlu secara rutin melakukan kebiasaan sehat selama bulan Ramadhan. Dimulai dari asupan makan yakni harus terkomposisi atas sayur dan buah yang segar, menghidrasi dan penuh vitamin.
Selain itu, tambahkan pula kebiasaan minum air putih dengan cukup menggunakan pola yang tepat. Misalnya melakukan siasat minum air mineral dengan konsep 2 gelas pada waktu berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas pada waktu sahur. Kemudian kurangi pula konsumsi banyak gula.

5. Menghindari Makanan Beraroma Kuat

Untuk memastikan bau mulut tidak kembali, sebaiknya Anda berpuasa juga terhadap makanan beraroma kuat seperti petai, jengkol, durian terlalu banyak dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut seringkali menimbulkan sisa bau dalam waktu lama di area mulut.

Selain berbau tak sedap sesudahnya, makanan di atas juga kurang memenuhi nutrisi kesehatan yang dibutuhkan saat berpuasa. Dengan demikian akan jauh lebih baik jika beralih kepada makanan berserat dan tinggi nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang tips menghilangkan bau mulut saat puasa Ramadhan baik sebagai langkah penanggulangan maupun pencegahan untuk melanjutkan satu bulan berpuasa lebih bermakna. Semoga bermanfaat.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =