Praktis!!! Tips Memilih Motherboard

  • 3 min read
  • Dec 01, 2021
tips memilih motherboard saat hendak merakit komputer

Bagi anda yang sedang ingin merakit PC (personal Computer) tentunya ada banyak pilihan motherboard yang bisa anda pilih, terlepas dari itu semua motherboard sebagai komponen utama sebuah PC tentulah harus selektif dalam memilihnya, pada kesempatan ini ,mimin gampangbanget akan memerikan sedikit tips tentang cara memilih motherboard khususnya bagi anda yang sedang mempertimbangkan untuk upgrade maupun build computer baru.

Sebelum ke pembahasan utama, kita akan bahas sedikit tentang…

Apa Itu Motherboard?

Mengutip dari wikipedia yang dimaksud dengan motherboard adalah sebuah papan induk adalah papan sirkuit cetak utama di komputer tujuan umum dan sistem lain yang dapat diperluas. Ini memegang dan memungkinkan komunikasi antara banyak komponen elektronik penting dari suatu sistem, seperti unit pemrosesan sentral dan memori, dan menyediakan konektor untuk periferal lain.

Sedangkan menurut sepemahaman mimin yang dinakan dengan motherboard adalah bagian perangkat keras (Hardware) utama yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menghubungkan dari setiap hardware lain dengan system soket sehingga komputer bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Macam-macam Motherboard

Apakah motherboard hanya memiliki satu jenis saja? Jawabannya adalah tidak, ada beberapa jenis motherboard yang banyak digunakan pada PC dan laptop saat ini, berikut selengkapnya.

1.Motherboard ATX

Motherboard jenis ATX merupakan jenis motherboard versi terbaru dari sebelumnya yaitu AT. Versi motherboard ini banyak yang bilang memiliki kekurangan namun selain itu, bagi anda menginginkan banyak soket untuk menambah RAM atau VGA tersedia pada motherboard versi ini.

2.Motherboard Micro-ATX

Sesuai dengan na,manya secara umum hampir sama dengan jenis ATX yang beda hanyalah dari jenis ukurannya yang serba mini sehingga dinamakan Micro-ATX.

3.Motherboard Mini ITX

Mungkin sebvelumnya anda pernah melihat komputer kecil, pada komputer mini rata-rata menggunakan motherboard jenis ini. meskipun ukurannya mini namun Motherboard ini sudah disertai pendingin sehingga cukup aman untuk penggunaan komputer standar.

4.Motherboard E-ATX

motherboard jenis E-ATX adalah motherboard terbesar yang bisa menampung banyak slot sehingga saat anda ingin menambah banyak tambahan hardware seperti menambah RAM atau kartu grafis sangat mungkin dilakukan. untuk ukurannya motherboard jenis ini sekitar 30,5 x 27,7 cm.

Penambahan memori atau RAM untuk jenis ini bisa mencapai 128 GB jadi bagi anda yang meminginkan komputer yang super kencang mungkin bisa mempertimbangkan motherboard jenis ini.

Praktis!!! Tips Memilih Motherboard

tips memilih motherboard saat hendak merakit komputer

Pastikan Soket Prosesor Sesuai Jenis Prosesor

Saat hendak merakit komputer tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan, karena jika hanya asal mempunyai komputer dan tidak sesuai dengan kebutuhan pasti nantinya akan menyesal karena sudah mengeluarkan budget namun setelah jadi komputer tidak bisa digunakan sebagaimana yang diharapkan.

Meskipun komputer sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi namun mengeluarkan biaya (budget) yang sia-sia tentunya akan mubadir. mimin analogikan begini, spek komputer yang dibutuhkan pelajar SMA tentu saja berbeda dengan spesifikasi komputer yang dibutuhkan oleh mahasiswa atau untuk keperluan kantor.

Pengalaman mimin saat hendak merakit komputer, penentuan pertama pada procesor yang akan digunakan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan oleh karena itu motherboard yang dipakai haruslah sesuai dengan kaki-kaki procesor.

Selain kaki procesor yang ada di motherboard harus support procesor yang digunakan ternyata cara ini bisa dilihat di daftar procesor support di motherboard tersebut. jika anda membeli motherboard baru, biasanya tertera di box motherboard atau anda juga bisa bertanya ke penjualnya mereka biasanya memang sudah memahaminya sehingga tidak salah membeli motherboard.

Cek kelengkapan dan fitur yang tersedia

Kelengkapan dan banyaknya fitur yang tersedia biasanya digunakan oleh berbagai merk motherboard untuk menarik konsumen sehingga laris di pasaran. merk ternama seperti ASUS, GIGABYTE, MSI menawarkan fitur khusus di produk yang mereka pasarkan.

Untuk pembelian motherboard memang tidak bisa request fitur tambahan sesuai dengan keinginan user, namun pada dasarnya setiap motherboard sudah dilengkapi fitur standar. untuk memilih kelengkapan fitur bisa memilih dari brand yang berbeda dengan membandingkan satu persatu tentunya dikelas motherboard yang sama.

Jika anda menginginkan komputer yang memiliki performa yang bagus tentunya anda harus memilih motherboard kelas High-End meskipun harus merogoh kocek cukup dalam namun hasilnya akan sebanding.

Saat hendak merakit computer, diawal sudah mimin sampaikan harus disesuaikan dengan kebutuhan bukan keinginan. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda meskipun keinginan banyak yang sama.

Ada Garansi Resmi

Membeli hardware seperti motherboard apalagi sekelas high-end yang menguras dompet banyak wajib hukumnya ada garansi resmi, itu bertujuan untuk melindungi hak konsumen mendapatkan barang dengan kualitas terbaik sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan namun bukan karena human error masih bisa mendapatkan garansi.

Garansi itu sifatnya hanya untuk berjaga-jaga aja supaya konsumen tidak dirugikan, meskipun semua produk yang dipasarkan tentunya sudah melewati quality control yang sangat ketat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Error

Cara Upgrade Motherboard Baru

ada hal yang perlu diperhatikan saat anda hendak melakukan upgrade motherboard lama ke yang baru, diantara yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan anda memahami dengan benar spesifikasi komputer yang anda pakai saat ini mengingat penggantian motherboard baru harus juga disesuaikan dengan hardware lain yang sudah ada, semisal procesor, hardisk, Ram dll.
  • Jika anda menghendaki performa yang lebih diatasnya anda perlu mempertimbangkan budget untuk mengganti RAM, dan Procesor mengingat kedua hardware tersebut harus support ke motherboard yang dipakai.
  • Memastikan motherboard juga cocok pada casing yang sudah ada.
  • Memiliki gransi
  • Budget yang disediakan harus rasional

Akhir Kata

Tips Memilih Motherboard bagi orang awam memang sangat membingungkan saat anda hendak membangun komputer baru, sharing dengan teman yang mengerti tentang perakitan komputer memang sangatlah penting karena dia akan memberikan masukan tentang komputer apa yang akan dirakit, meskipun endingnya segala apapun keputusan anda yang mengeksekusi.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + nineteen =

You cannot copy content of this page