Tips Memilih Motherboard Berkualitas Bagus Sesuai Dengan PC Anda

  • 3 min read
  • Oct 22, 2022

Salah satu komponen hardware terpenting bagian komputer atau laptop yang sudah tidak asing bagi Anda yang berkecipung di dunia IT adalah motherboard. Ada beberapa tips memilih motherboard berkualitas bagus sesuai dengan PC yang Anda miliki saat ini.

Apa itu motherboard?

Motherboard merupakan salah satu unit komponen terpenting berupa papan sirkuit utama yang menghubungkan antara unit-unit komponen perangkat hardware dan software. Keberadaannya memiliki fungsi supaya keduanya bisa bekerjasama pemrosesan perangkat input dan output.

 Selain itu berperan pada konektivitas bagian prosesor (CPU), memori (RAM), penyimpanan data sekunder (hard drive), dan kartu video (kartu tambahan untuk menciptkan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar).

Menjadi salah satu komponen yang vital pada sebuah laptop maupun komputer. Bisa dibilang motherboard merupakan nyawa dari kedua perangkat ini. Tanpa adanya dapat dipastikan di komputer dan laptop tidak bisa bekerja dengan baik.

Komponen Dalam Motherboard

Ada beberapa jenis motherboard dirancang untuk spesifikasi jenis PC dan memori tertentu. Hal ini berpengaruh pada jenis perangkat komputer atau laptop, karena tidak semua jenis bisa cocok sehingga.bagi Anda yang akan merakit sendiri atau sebagai teknisi komputer atau laptop penting memperhatikan hal tersebut.

Motherboard terdiri dari bahan lembaran non-konduktif yang kuat dan kaku kemudian lapisan alumunium foil dicetak pada lembaran tersebut. Sedangkan lapisan tembaganya berukuran kecil dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen disebut traces.

Di dalam motherboard selain sirkuit berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen satu dengan lainnya yang ada pada perangkat PC.Ada berbagai jenis dan ukurannya yang berbeda-beda dengan tujuan untuk menyesuaikan perangkat keras komputer atau laptop.

 Meskipun pilihan yang tepat dan benar setiap ukuran dan jenis motherboard sesuai dengan PC tidak mempengaruhi kinerja perangkat hardware. Akan tetapi dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada perangkat hardware itu sendiri..

Fungsi motherboard

Kegunaan pokok motherboard adalah merupakan papan sirkuit sebagai tempat Untuk menghubungkan ke semua komponen agar dapat terprogram satu dengan lainnya. Berikut fungsi lain dari motherboard meliputi :

  • Sebagai penyedia tata letak untuk semua pemrosesan komponen yang ada di komputer
  • Sebagai penghubung berbagai komponen komputer baik secara langsung maupun tidak
  • Untuk mentransfer berbagai data ke semua komponen komputer setiap bagian
  • Untuk memberikan bantuan dalam proses booting (loading awal) saat pertama kali komputer atau laptop dinyalakan
  • Untuk mengatur peredaran daya pada komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian
  • Sebagai pusat komunikasi secara langsung maupun tidak langsung ke seluruh komponen

Tips memilih motherboard berkualitas bagus sesuai dengan dengan PC Anda

Bagi Anda yang akan merakit PC atau sebagai teknisi komputer pastikan memilih dan membeli motherboard dengan spesifikasi jenis dan ukurannya. Selain itu serta kualitas yang terbaik sesuai dengan komputer.

Supaya tidak mudah rusak dan awet dalam penggunaan sehingga bisa menghemat biaya untuk servis PC Anda. Berikut tips memilih motherboard berkualitas bagus sesuai dengan dengan PC Anda:

 Memilih Socket Processor yang Sesuai dengan Jenis dan Ukuran Motherboard

Anda harus menyesuaikan jenis dan ukuran socket processor yang akan digunakan atau pasang di motherboard. . Misalnya saja jika ingin menggunakan processor tipe atau merk Apple, maka harus memastikan memilih socket processor yang digunakan untuk tipe Apple.

Ini semua tergantung dari tipe atau jenis digunakan. dalam memilih socket processor. Usahakan memilih yang upgradable ke depannya.

Menggunakan Chipset Sesuai dengan yang Dibutuhkan Oleh Motherboard

Langkah selanjutnya, Anda perlu memperhatikan dalam memilih dan menggunakan chipset motherboard. Ini tergantung pada fitur dan kualitas terbaik dan harganya. . Untuk chipset yang mahal memiliki fitur semakin banyak dan bagus dibandingkan dengan harga menengah .

Ini biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan harian saja. Contohnya yang paling bagus dan mahal seperti chipset Apple.

Memilih Ukuran Motherboard yang Sesuai dengan Casing

Dalam memilih motherboard, Anda harus menyesuaikan dengan casing CPU yang digunakan. Untuk saat ini ada empat jenis motherboard di pasaran yaitu : EATX, ATX, Micro-ATX, dan mini-ITX.

Contoh jika Anda menggunakan casing EATX, maka motherboardnya pun juga harus yang EATX. Jika beda maka tidak akan terpasang karena ukurannya berbeda.

Perhatikan Fitur di Dalam Motherboard

Anda perlu memperhatikan fitur-fitur motherboard memang sekiranya penting saja. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Semakin banyak fitur yang digunakan semakin mahal harga motherboard.

Contoh fitur-fitur motherboard expansion slots, wifi, memori maksimum support dan komponen lainnya. Keberadaan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat penggunaan.

Memilih Desain Motherboard

Anda perlu memperhatikan juga tampilan motherboard . Hal ini karena tampilan motherboard berbeda era sekarang dengan era tempo dulu. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Misalnya saja memilih motherboard tipe RGB LED. Ini sering digunakan oleh para gamer dan tentunya harga juga lebih mahal dibandingkan yang tidak dilengkapi dengan RGB tersebut.

Menyesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Langkah terakhir Anda adalah memilih motherboard sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Budget menengah ke bawah dapat memilih produk mulai dengan harga kisaran Rp 500.000,00. Sementara itu untuk besar dapat memilih harga jutaan rupiah.

Harga ini juga mempengaruhi kualitas. Semakin mahal tentunya fitur dan kualitasnya jug semakin baik. Namun tetap harus tetap menyesuaikan dengan kebutuhan.

Akhir Kata

Demikian tips memilih motherboard berkualitas bagus sesuai dengan dengan PC Anda. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang akan memilih motherboard dalam waktu dekat ini. Tidak lupa survey harga di pasaran dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan serta PC Anda.