Rekomendasi Aplikasi Motion Graphic Terbaik

  • 3 min read
  • Dec 14, 2021
Aplikasi video motion graphic

Apakah Anda ingin mendalami dunia motion graphic? Jika iya maka tidak ada salahnya untuk mulai mengenali berbagai rekomendasi aplikasi motion graphic terbaik. Berbagai aplikasi tersebut cukup direkomendasikan untuk digunakan mengingat semakin banyak pula meninat dalam dunia desain tersebut.

Tahukah Anda, semakin banyaknya orang yang menguasai dunia digital membuat banyak pula pemiat dalam dunia tersebut termasuk desain motion graphic. Sebelum mengetahui beberapa aplikasinya, maka akan lebih baik juga mengetahui apa sebenarnya motion graphic tersebut.

Motion graphic merupakan sebuah desain grafis yang dapat bergerak. Motion Graphic ini sendiri termasuk sebagai salah satu jenis dari animasi. Tidak heran jika dalam membuatnya beberapa orang juga menyertakan suara maupun musik.

Motion graphic sendiri sudah menjadi alat penyampai pesan kepada setiap penonton. Umumnya, keberadaannya juga sering dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan iklan, video informatif, dan yang lainnya. Dengan begitu, sangat membantu penggunanya untuk menyampaikan informasi lebih menarik.

Sederet Aplikasi Motion Graphic Terbaik

Aplikasi Motion Grapic Terbaru untuk android

Apabila Anda ingin segera membuat aplikasi motion graphic, maka gunakan saja aplikasi khusus. Terlebih, saat ini sendiri sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Tentu setiap pemula juga bisa menggunakannya sehingga hasilnya pun terlihat lebih profesional. Berikut penjelasannya:

#Blender

Merupakan salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk membuat animasi 3D. Saat ini sendiri, Blender sudah banyak digunakan oleh desainer pada industri video game. Hanya saja, bagi pemula yang ingin menggunakan aplikasi tersebut perlu membiasakan diri terlebih dahulu.
Agar nantinya dapat lebih mudah untuk menggunakannya. Kemudian, jika Anda sudah terbiasa maka tentu saja aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat desain motion graphic. Blender ini sendiri bisa digunakan dengan gratis sehingga jangan ragu untuk memakainya.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Untuk Status Whatsapp

#Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu produk keluaran Adobe. Software yang satu ini sendiri sudah terintegrasi dengan Afeter Effect. Anda dapat memanfaatkan aplikasi satu ini untuk mengatur komposisi video motion yang digunakan sesuai kebutuhan.
Terlebih, Adobe Premiere Pro sendiri termasuk salah satu aplikasi khusus edit video. Tidak jarang juga para desainer motion graphic yang sudah berpengalaman memakai aplikasi tersebut untuk menggabungkan transisi, motion, audio, dan masih banyak lagi.

#Adobe After Effect

Merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting dalam dunia motion graphic. Aplikasi yang satu ini sendiri termasuk yang terpopuler jika dibandingkan dengan yang lainnya. Terlebih, setiap pengguna juga disediakan berbagai fitur yang cukup lengkap saat ingin membuat desain.
Selain itu, Adobe After Effect juga terbilang sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini sendiri umumnya digunakan setelah mengembangkan storyboard motion yang ingin Anda buat pada Adobe Ilustrator atau Adobe Photoshop. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk membuat motion graphic.

#Mocha Pro

Aplikasi selanjutnya adalah Mocha Pro yang terbilang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi tersebut akan membantu setiap penggunanya dalam menggerakkan grafis maupun yang lainnya. Meski terbilang cukup sulit untuk pemula, akan tetapi tidak perlu khawatir karena akan terbiasa jika sudah sering memakainya.
Terlebih, software yang satu ini sendiri dapat menggerakkan grafis apapun dengan cara yang sangat mudah. Tentu sangat cocok bagi mereka yang memang memerlukan aplikasi untuk mengerjakan proyek komersial. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ingin menggunakan aplikasi satu ini.

#Cinema 4D

Merupakan rekomendasi aplikasi desain yang bisa Anda gunakan. Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan sebagai software yang dapat membuat transisi sederhana berupa motion graphic 3D. Cinema 4D ini sendiri sudah banyak digunakan karena dianggap cukup mudah dan simpel.
Dengan begitu, tidak perlu khawatir saat ingin mencoba menggunakannya karena aplikasi tersebut terbilang cocok untuk pemula. Aplikasi ini memang sengaja dibuat dengan penggunaan yang nyaman dan fleksibel. Anda bahkan dapat mengintegrasikannya ke After Effect.

#Maya

Tahukah Anda, Maya merupakan software yang sering dipakai pada studio-studio animasi. Tidak hanya sampai disitu, aplikasi yang satu ini bahkan sudah digunakan di tingkat Hollywood. Maya sendiri sudah menyediakan fitur yang sangat lengkap. Terlebih, jika Anda ingin mengembangkan desain 3D.
Baik itu untuk keperluan tayangan televisi, film, hingga video game sekalipun. Software ini sendiri terbilang cukup baik untuk membuat motion graphic. Anda bahkan dapat memproses rendering animasi dengan mode 3D yang berkualitas bagus.

#Nuke

Nuke merupakan salah satu aplikasi yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat software motion. Aplikasi yang satu ini sendiri bahkan dibuat secara khusus bagi mereka yang memang undah profesional alias mahir. Software ini juga dapat digunakan untuk menggabung kan elemen 3D serta vide.
Tidak hanya itu saja, Nuke juga termasuk salah satu aplikasi yang sudah sering dipakai dalam proses pembuatan tayanan televisi maupun film. Aplikasi tersebut bahkan sudah banyak digunakan oleh desainer kelas atas karena memiliki kemampuan dan fitur canggih.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa informasi mengenai aplikasi motion graphic yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain motion graphic sesuai dengan keinginan. Berbagai aplikasi ini sendiri tentu menyediakan berbagai kelebihannya masing-masing. Terlebih, kebanyakan juga sudah tersedia secara gratis.