Cara Mengirim Paket Lewat JNE Aman Sampai Kota Tujuan

  • 3 min read
  • Jul 30, 2021
Mengirim paket lewat JNE

Kemajuan industri 4.0 mendorong proses digitalisasi hampir di semua lini termasuk menjamurnya marketplace sehingga banyak perusahaan bidang jasa yang menyediakan layanan jasa kirim. Supaya paket anda aman sampai kota tujuan harus mengetahui cara mengirim paket lewat JNE yang benar. 

ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh JNE sebagai penyedia jasa layanan jasa kirim yang harus dipenunuhi sebelum anda mengirim paket lewat JNE. 

Mengutip dari situs resmi https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/syarat-dan-ketentuan-pengiriman ada banyak syarat dan ketentuan pegiriman yang harus disetujui oleh pengirim saat hendak mengirimkan paket.    

Tahap Demi Tahap Cara Mengirim Paket Lewat JNE

Setelah memahi syarat dan ketentuan cara mengirim paket lewat JNE yuk simak tahap-demi tahap yang harus dilakukan.

pahami cara mengirim paket lewat JNE supaya paket selamat sampai kota tujuan

Mengecek Ongkos Kirim Alamat Tujuan

Sebelum menyerahkan paket ke counter JNE terdekat di kotamu pastikan terlebih dulu mengecek biaya atau ongkos kirim yang harus dibayarkan ke JNE atas jasa yang diberikan berupa pengiriman barang atau paket. 

Untuk mengecek ongkos kirim JNE bisa dilakukan secara online sehingga tak perlu repot-repot datang langsung ke counter JNE, Caranya gampangbanget ko. 

Langkahnya sebagai berikut: 

  1. Buka situs JNE.co.id terlebih dahulu bisa menggunakan komputer atau smartphone, lalu cek pada bagian Tarif Kiriman untuk mengecek besarnya tarif.
  2. Jangan lupa Pada kolom Origin, isi dengan kota dimana Anda ingin mengirim paket (gunakan saja kota asal paket).
  3. Selanjutnya, Pada kolom Destination, isi dengan kota tujuan paket dikirim (Alamat Penerima).
  4. Kemudian Isi juga kolom Weight, dengan perkiraan berat barang yang hendak dikirimkan.
  5. Terakhir, Klik Check.

Paking Barang (Paket) Sesuai Standar JNE Supaya Aman Sampai Kota Tujuan

Aman dan tidaknya paket saat sampai kota tujuan pada point ini sangat menentukan. Kemas barang yang hendak dikirimkan sebaik mungkin dengan memperhatikan savety. 

Berikut Perlatan dan langkah yang dilakukan saat melakukan packing barang

Alat dan Bahan yang diperlukan

  • Gunting
  • Selotip besar / lakban bening
  • Bubble wrap
  • Kardus
  • Koran
  • Plastik
  • Kemas dan lapisi barang menggunakan koran dan plastik dengan rapat jika perlu lapisi juga dengan bubble wrap sebagai peredam getaran atau goncangan
  • Masukkan ke dalam kardus yang ukurannya sudah disesuaikan dengan besarnya barang
  • Bungkus kardus dan rekatkan menggunakan selotip besar / lakban bening
  • Jika diperlukan kardus lapisi menggunakan bubble wrap yang telah disiapkan
  • Jangan lupa tempelkan nama, alamat, nomor HP komplit (pengirim dan penerima) supaya paket cepat sampai kota tujuan.
  • Rapikan menggunakan selotipi besar / lakban bening

JNE juga menyediakan packing kayu, packing kayu bisa dilakukan sendiri dirumah atau bisa langsung bawa ke agen JNE karena mereka juga menyediakan jasa packing kayu dengan aman.

Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar

Saat hendak mengirim paket tentunya harus ada siapa yang mengirim paket dan akan diantarkan ke siapa paket tersebut. 

Pengirim paket banyak yang belum mengetahui cara menulis alamat paket dengan benar sehingga paket akan cepat sampai sesuai estimasi waktu yang telah ditentukan.

Saat paket sudah siap untuk dikirim jika paket dibungkus menggunakan kardus, maka media tulis alamat bisa pakai kertas putih yang ditempel menggunakan selotip.

Penulisan alamat pada intinya harus jelas dan tepat setidaknya memenuhi kriteria dibawah ini

  • Kertas tidak rusak atau robek.
  • Tulisan bisa terlihat dan dapat dibaca dengan jelas.
  • Alamat lengkap, benar, dan jelas.
  • Selain alamat penerima, tulis juga alamat pengirim paket. Tujuannya, agar kalau ada kesalahan dalam pengiriman, maka paket bisa dikirimkan kembali ke pihak pengirim.

lebih detailnya silahkan baca Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar.

Datang Ke Agen JNE Terdekat di Kotamu

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mendatangi langsung kantor cabang JNE terdekat dari rumah anda. untuk mengecek lokasi JNE terdekat caranya bisa macam-macam, berikut diantaranya:

  • Menggunakan Google Maps. Kantor JNE terdekat bisa dilacak menggunakan layanan google maps dengan cara menulis “kantor JNE terdekat” tentunya pastikan GPS hp dalam kondisi aktif
  • Web Resmi JNE.  jne.co.id/id/tracking/network. Pada kolom pencarian, ketik nama kecamatan / kabupaten / kota lokasi Anda saat ini lalu tekan ikon Cari. Sistem akan memunculkan data di layar browser Anda.

Setelah di Kantor JNE, Pilih Layanan pengiriman paket sesuai yang di inginkan 

Saat anda sudah berada di kantor JNE, sampaikan bahwa anda hendak mengirimkan sebuah paket ke Kota Tujuan sesuai alamat setelah itu petugas JNE akan menerangkan layanan yang bisa dipakai (JNE OKE, Reguler, atau YES). tinggal pilih layanan mana yang hendak dipakai. 

Paket yang sudah di-packing tadi akan dilakukan pengecekan oleh petugas JNE baik itu menayakan barang yang hendak dikirim dan juga menimbang berat dan juga menghitung volume paket

Setelah paket diproses anda akan mendapatkan nomor resi dalam bentuk print out dan juga sebagai bukti bahwa anda telah menggunakan jasa pengiriman JNE. 

Bukti pengiriman yang didalamnya terdapat nomor resi sebaiknya disimpan dengan baik, Setelah beberpaa saat anda bisa melakukan tracking paket melalui situs resi JNE

Akhir Kata

Cara mengirim paket lewat JNE memang tidaklah begitu rumit, namun ada beberpa hal penting yang perlu diperhatikan dengan teliti supaya paket yang anda kirim sampai dengan aman dan juga sampai sesuai waktu yang diharapkan. 

Semoga bermanfaat 

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 3 =