Cara Kirim Barang COD Tanpa Marketplace Dengan COD JNE

  • 2 min read
  • Aug 01, 2021
Cara Kirim Barang COD Tanpa Marketplace

Media sosial facebook sebagai salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak memiliki potensi yang luar biasa sehingga jika dimanfaatkan untuk berjualan bisa mendapatkan cuan banyak. Terus bagaimana cara kirim barang COD tanpa marketplace dengan COD JNE? Jika Anda seorang penjual di media sosial facebook namun masih bingung cara kirim barang COD tanpa marketplace supaya bisa COD? salah satu solusinya bisa menggunakan layanan COD yang disediakan oleh JNE.

Mulai tanggal 1 Juni 2020  JNE sudah menyediakan fitur COD Retail sehingga pengiriman bayar ditempat atau Cash On Delivery sudah bisa dilakukan hampir di seluruh indonesia sehingga mendukung omset penjualan akan semakin naik karena adanya layanan bayar ditempat.

Apa Itu Layanan JNE Express – COD Retail

Bagi yang ingin menjadi Seller/penjual online di media sosial seperti facebook, instagram dll. Pahami terlebih dulu apa itu COD Retail yang disediakan oleh JNE.

Layanan JNE Ekspress – COD Reatail  adalah layanan pengiriman barang (paket) dengan sistem bayar ditempat atau Cash On Delivery sehingga pembeli tidak perlu mentransfer sejumlah uang kepada penjual sebelum barang diterima oleh customer. 

Supaya bisa menggunakan layanan JNE Ekspress – COD Retail ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi sebagaimana yang akan dibahas dibawah ini. 

Ketentuan dan Syarat JNE Express – COD Retail

cara mudah kirim paket COD lewat JNE

Sebelum bisa menggunakan layanan COD JNE pahami terlebih dulu syarat ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut.

Ketentuan

  • COD Retail berlaku untuk layanan pengiriman Reguler, OKE, dan JTR.
  • COD Retail di prioritaskan untuk orang yang berjualan online diluar marketplace.
  • Biaya COD hanya dikenakan untuk transaksi pengiriman yang terkirim atau sukses dengan bukti laporan Proof of Delivery (POD) pada sistem JNE.
  • Biaya kirim, asuransi, packing dibayar pada saat proses pengiriman. Jadi pengirim akan tetap membayar ongkir terlebih dahulu pada saat mengirimkan barang.
  • Maksimal harga barang yang diperbolehkan menggunakan layanan COD Retail per transaksi atau per alamat adalah Rp 5.000.000
  • Jika harga barang lebih mahal 10 kali dari ongkos kirim maka barang tersebut wajib diasuransikan.
  • Uang yang akan dibayarkan JNE ke anda jika transaksi sukses adalah harga barang + ongkir yang telah dikurangi dengan biaya COD Retail. (Biaya ongkir dan biaya COD adalah 2 hal yang berbeda).
  • Paket yang gagal dikirim akan dikembalikan ke pengirim atau anda setelah mendapatkan konfirmasi ke alamat yang anda tentukan. Dan jika anda tidak memberikan intruksi pengembalian maka akan berlaku penanganan kiriman undelivery yang berlaku di JNE.

Syarat Umum

Mengutip dari situs resmi https://www.jne.co.id/ berikut syarat yang harus dilakukan untuk daftar kirim barang supaya bisa COD atau Cash On Delivery.

  1. Mengisi Form COD (PCRF) : https://bit.ly/3ax9Q8e
  2. Fotokopi KTP Seller
  3. Fotokopi NPWP Seller/Badan Usaha
  4. Fotokopi Kartu JLC
  5. Fotokopi Buku Rekening yang tertera nomor rekening
  6. Mengisi Form CS3 (Customer Self Service System)

 Ketentuan Umum

  1. Berlaku khusus untuk Seller non-Market Place yang bertransaksi melalui Sales Counter JNE dan telah terdaftar
  2. Seller sudah terdaftar sebagai member JNE Loyalty Card (JLC) minimal 1 bulan berjalan
  3. Layanan yang berlaku adalah service Regular

Kelebihan menggunakan Layanan COD

Kelebihan yang didapatkan bagi pembeli dengan adanya layanan COD adalah tidak perlu mentransfer sejumlah uang terlebih dullu kepada pembeli sehingga terhindar dari resiko penipuan online karena pembayaran dilakukan langsung kepada kurir saat barang diantar kerumah.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh penjual adalah dapat meningkatkan omset penjualan karena memberikan pelayanan kemudahan kepada pembeli dalam hal pembayaran.

Akhir Kata

COD atau Cash On Delivery awalnya hanya bisa dilakukan penjualan melalui marketplace seperti shopee, lazada, buka lapak dan marketplace lainnya. namun seiring perkembangannya bagi yang belum memiliki toko online pengiriman barang COD tanpa marketplace bisa dilakukan. Salam hangat dari admin gampangbanget.com

Semoga bermanfaat

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 20 =