Infeksi Saluran Kemih Gejala, Biaya, Penanganan

  • 3 min read
  • Feb 23, 2021
Saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih saat ini menjadi seperti penyakit yang biasanya di derita oleh kaum pria di Indonesia. Kenapa mimin berkata seperti itu, karena beberapa teman ada yang terkena penyakit ini.

Apa itu Infeksi Saluran Kemih?

Seperti yang diinfokan oleh Halodoc mengenai penyakit ini, Infeksi saluran kemih adalah kondisi dimana terjadinya infeksi pada organ yang termasuk di dalam sistem kemih, yaitu ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Umumnya, infeksi tersebut menyerang dua area yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Halodoc merupakan situs kesehatan ternama di Indonesia, jadi datanya sangatlah valid. Di Halodoc kita akan mendapatkan referensi kesehatan terbaru dan terupdate. Di Halodoc kita juga bisa berkonsultasi dan bertanya langsung mengenai berbagai masalah kesehatan yang Sobat hadapi sekarang.

infeksi saluran kemih

Apa saja sih Gejala Infeksi Saluran Kemih?

Supaya mempermudah memahami apa itu penyakit infeksi saluran kemih saya akan mencoba mengawali dengan membahas gejala infeksi saluran kemih.

Gejala yang ditimbulkan oleh Infeksi Saluran Kemih, meliputi:

  • Kemaluan terasa terbakar ketika buang air kecil;
  • Sering ingin buang air kecil, meskipun urine yang keluar sedikit;
  • Nyeri atau tekanan di punggung atau perut bagian bawah;
  • Kencing berdarah atau berwarna lebih gelap;
  • Merasa lelah atau gemetar; dan
  • Demam atau kedinginan (mengindikasikan infeksi mungkin sudah mencapai ginjal).

Sedikit cerita, disaat Kawan baik awal terkena penyakit ini, dia merasa tidak enak badan, agak demam dan selang beberapa lama setelah istirahat dikamar dia merasa sakit pada kemaluannya. Testisnya membesar dan jadi sering ingin buang air kecil. Hari itu juga kawan kami bawa ke Rumah Sakit untuk diperiksakan agar cepat di tangani dengan baik.

Sebelum penyakit ini menjangkit kawan Mimin, yuk kenali sedari dari awal seperti apa sih kebiasaan hidup yang biasa dijalani sehingga bisa divonis penyakit ini.

Kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih

Kawan mimin mempunyai beberapa kebiasaan umum yang dilakukan oleh kaum pria di Indonesia, yang secara tidak langsung dapat menyebabkan Infeksi Saluran Kemih. Kebiasaan tersebut yakni :Bergadang dan Merokok
Setiap hari karena kesibukannya berdagang, dia berdagang dan merokok. Rutinitas ini dilakukan hampir setiap hari sehingga menjadi kebiasaan hidup yang buruk bagi dia.

Sering menahan kencing

Dikarenakan berdagang dan merokok serta kerjaannya sambil main game. Kawan ini sering sekali menahan-nahan kencingnya dia. Dikarenakan merasa males dan nanggung sedang main game

Terlalu banyak minum kopi dan jarang minum air putih

Inilah kebiasaan kaum pria di Indonesia, Ngopi. Ini menjadi kebiasaan rutin setiap hari, tanpa diiringi dengan minum air putih yang cukup. Herannya bagi kami setelah ngopi itu jarang haus dan jarang lapar. Kebiasaan buruk ini dimana seringnya ngopi daripada minum air putih yang tanpa kita sadari menjadi penyebab penyakit infeksi saluran kemih.

Jarang mengganti pakaian dalam

Bagi kaum pria, ini sering dilakukan dikarenakan pria biasanya lebih malas dan suka hal yang simpel, jarang ganti pakain dalam. Melihat dari hal yang dilakukan oleh kawan dimana sering jarang mengganti pakaian dalam dan bahkan memakai yang ketat-ketat sehingga testisnya membengkak.

Setelah diperiksa dan divonis dokter terkena Infeksi Saluran Kemih, Keluarga kawan Mimin menyepakati anjuran dokter untuk dilakukan rawat inap di rumah sakit agar cepat sembuh kembali.

Berikut anjuran dari dokter agar kawan Mimin cepat pulih dan bisa mencegah penyakit ini kembali lagi. Anjuran ini juga berguna buat kita semua agar terhindar dari penyakit ini.

  • Tidak menahan kencing;
  • Selalu membersihkan area kemaluan dari depan ke belakang setelah berkemih;
  • Minum banyak air;
  • Semprotan kebersihan area wanita, pewangi area kewanitaan, dan produk-produk lain untuk area kewanitaan harus dihindari karena hanya akan mengiritasi mukosa;
  • Bersihkan area genital sebelum melakukan hubungan intim;
  • Setelah berhubungan intim, buang air kecil. Hal ini bertujuan untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin telah masuk ke uretra;
  • Jangan menggunakan celana dalam selama berhari-hari; dan
  • Jangan menggunakan pakaian bawahan yang ketat karena akan meningkatkan kelembapan.

Biaya Perawatan Infeksi Saluran Kemih

Dikarenakan rawat inap disini kawan mimin hanya dikenakan biaya menginap, obat dan biaya dokter saja. Waktu itu semuanya gratis karena dia punya BPJS. Namun apabila dirawat mandiri tanpa asuransi/BPJS dipastikan sehari 1 jutaan untuk perawatan.

Akhir Kata

Demikianlah sediktik sharing pengalaman teman mimin mengenai Infeksi Saluran Kemih.
Semoga dengan sharing pengalaman ini, kita menjadi lebih mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini dan lebih sigap dan siap saat menimpa kita dan keluarga.
Jangan lupa selalu menjaga kesehatan ya.

Terima kasih

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =