Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar

  • 3 min read
  • Aug 14, 2020
CARA MENULIS ALAMAT PAKET ATAU SURAT

Belanja online sekarang sedang menjadi trending karena peminat market place seperti shopee, lazada, tokopedia dan market online lainnya bisa dikatakan terus meningkat. Saat menerima kiriman paket coba deh cek disana terdapat data alamat paket pengirim dan juga penerima.

Faktanya ada saja yang belum bisa menulis alamat paket dengan benar, sehingga paket tidak bisa terkerim ke alamat tujuan karena alamat tidak lengkap.

Bagi yang sudah terbiasa mengirim paket tentu bukan menjadi persoalan karena sudah terbiasa mengirim paket sehingga penulisan data pengirim dan penerima tentu sudah benar.

Bagi yang belum bisa cara menulis alamat paket kiriman dengan benar silahkan simak dan baca sampai akhir supaya saat mengirim paket tidak membuat bingung kurir.

Ada dua alamat yang harus ada saat mengirim paket yaitu;

  • Pengirim (From)
  • Penerima (To)

Penulisan alamat paket harus benar dan mudah dimengerti.

Alasan Penulisan Alamat Paket Harus Benar

Menulis alamat yang nempel di paket dipastikan harus benar mengingat jika penulisannya salah kasian dunk sama kurir yang mengantar paket mencari sana-sini jangan sampai mampir ke alamat palsu yah hehehe.

Logikanya begini, nama dan alamat yang tertulis dan menempel di paket adalah alamat pengirim paket dan tujuan paket itu akan dikirimkan jadi jika penulisannya salah bisa-bisa paket tidak akan sampai dan balik lagi ke pengirim atau setidaknya menghambat sampainya barang ke tujuan paket.

Pastinya saat anda mengirimkan paket tidak ingin terjadi hal tersebut diatas bukan, apalagi di indonesia termasuk negara kepulauan yang sangat luas, so… pastikan menulis alamat paket dengan benar dan jelas supaya kurirnya tidak bingung.

Saat mengirim paket melalui JNE, Pos Indonesia, J&T dan jasa ekspedisi kiriman lainnya ada dua alamat yang harus ada dan menempel di paket atau surat yaitu alamat pengirim dan alamat tujuan.

Format Penulisan Alamat Paket yang Benar

Berikut cara sistematika penulisan alamat paket yang benar supaya paket cepat sampai tanpa kendala di perjalanan.

Cara Menulis Alamat Pengirim Paket

Alamat pengirim adalah identitas orang yang mengirimkan paket. alamat pengirim juga penting lho, karena jika alamat tujuan paket tidak valid, maka paket akan dikirimkan balik ke alamat pengirim.

Format penulisan alamat pengirim sebagai berikut;

Nama Pengirim

Jl. Pengirim no, Nama Dusun Rt/rw, Nama Desa, Nama Kec. Pengirim, Kab. Pengirim, Provinsi.

Nomor Telp Pengirim

Penulisan alamat pengirim akan lebih baik ditambahi nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika mengirim paket melalui kantor POS penulisan kode POS juga sangat direkomendasikan.

Khusus untuk nama negara, Jika paket dalam negeri boleh dituliskan atau juga bisa tidak ditulis, Namun jika paket akan dikirim ke luar negeri nama negara sangat direkomendasikan untuk ditulis. Secara lengfkap sehingga format penulisan paket luar negeri menjadi sebagai berikut:

Nama Pengirim

Jl. Pengirim no, Nama Dusun Rt/rw, Nama Desa, Nama Kec. Pengirim, Kab. Pengirim, Provinsi pengirim, Kode POS, Asal Negara.

Nomor Telp Pengirim

Cara Menulis Alamat Penerima Paket

Alamat penerima paket ditulis detail dan selengkap mungkin, penulisan penerima paket yang benar bisa sebagai berikut:

Nama Pengirim

Jl. Pengirim no, Nama Dusun Rt/rw, Nama Desa, Nama Kec. Pengirim, Kab. Pengirim, Provinsi pengirim, Kode POS, Asal Negara.

Nomor Telp Pengirim

Cara Menulis Alamat di Amplop Surat

Saat menulis alamat di amplop saya pribadi suka langsung menulisnya di amplop menggunakan bulpoint.

Identitas pengirim berada dibagian kiri atas, sedangkan identitas penerima berada di bagian kiri bawah. untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Cara Menulis Alamat di Amplop Surat

Tips Menulis Alamat Paket

Ada beberapa tips saat menulis paket supaya paket yang anda kirimkan bisa sampai tujuan sesuai estimasi yang diberikan oleh jasa kirim.

Alamat tertulis lengkap

Sebelum menyerahkan paket ke jasa ekspedisi pastikan alamat sudah tertulis dengan lengkap.

Jelas dan mudah dibaca

Karakter tulisan setiap orang beda antara satu dengan yang lainnya, karena yang akan membaca tulisan alamat paket kurir (orang lain) sebaiknya gunakanlah type tulisan yang jelas dan mudah dibaca.

Jika merasa memiliki tulisan yang kurang begitu mudah dibaca, bisa disiati dengan meminta bantuan teman atau saudara untuk menulis alamat paket. Kalau saya pribadi sih lebih suka diketik supaya lebih jelas dan standar.

Lingdungi alamat paket menggunakan lakban trasparan

untuk menjaga alamat paket tetap aman dan tidak luntur jika terkena percikan air, saya pribadi lebih suka melapisi tulisan alamat paket menggunakan lakban putih transparan supaya lebih aman.

Akhir Kata

Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar terkadang masih saja orang belum mengetahuinya terlebih untuk yang baru pertama kali mengirim paket.

Semoga artikel singkat diatas bisa membantu 😁

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =