Cara Mengatasi Pesan Error (Cyclic Redundancy Check)

  • 2 min read
  • May 17, 2020
Cyclic Redundancy Check

Sebagai pengguna komputer baik laptop atau personal komputer, mungkin anda pernah mengalami pesan eror Is not accessible Cyclic Redundancy Check.

Biasanya pesan eror Cyclic Redundancy Check terjadi saat sedang menyalin sebuah data atau file dari media penyimpanan seperti hardisk eksternal, flasdisk, cd/dvd room atau lainnya.

Adanya munculnya pesan di komputer atau laptop Cyclic Redundancy Check bisa dijadikan sebuah alat untuk mencari dan memecahkan permasalahan tersebut diatas.

Pesan Cyclic Redundancy Check juga bisa muncul saat anda sedang bekerja menggunakan laptop seperti saat;

  • Saat pemasangan/installasi program di komputer
  • Saat anda menyalin data di flasdisk

Mengapa muncul pesan error tersebut? Bagi anda yang baru pertama kali mengalaminya, itu terjadi karena ada file atau media penyimpanan yang corrupt sehingga tidak bisa melakukan eksekusi dengan sempurna.

Pada kesempatan ini, kita akan bahas secara jelas singkat sampai solve permasalahan tersebut diatas.

Cara Mengatasi Data Error (Cyclic Redundancy Check)

Untuk memperbaiki supaya normal kembali adanya pean eror Cyclic Redundancy Check bisa menggunakan CHDSK untuk mengatasi hardisk atau media penyimpanan yang mengalami eror data.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama, Jalankan Command Prompt melalui RUN (tekan tombol windows + R) kemudian ketik cmd, setelah itu tekan enter dan berikan perintah dibawah ini

chkdsk / f x:

Kedua, Tunggu sampai selesai. Jika command prompt sudah selesai berjalan kemudian restart komputer atau laptop.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan This App Can’t Run on Your PC

Mengganti File Master

Jika pesan eror muncul saat melakukan installasi program, silahkan lakukan penggantian master dengan cara download di internet atau meminta master yang sama ke teman.

Bila media penyimpanan dalam bentuk CD/DVD bisa saja terjadi proses burning yang tidak sempurna sehingga saat data tersebut dibuka mengalami eror dan menampilkan pesan Cyclic Redundancy Check.

Scanning Virus

Cara Mengatasi Data Error (Cyclic Redundancy Check)

Beberapa anti virus juga bisa merusak data terutama file data program aplikasi, karena anti virus tersebut menganggap file data tersebut sebagai virus.

Kejadian diatas saya pernah beberapa kali mengalaminya. Jika sudah terjadi kejadian seperti itu ganti dengan aplikasi lain dan non-aktifkan sementara anti virus.

Proses scanning virus menggunakan anti virus bertujuan untuk melakukan karantina terhadap virus yang ada di komputer.

Langkahnya

Pertama, Install anti virus versi terupdate

Kedua, Lakukan scanning semua data yang ada di komputer (cepat dan lambatnya scanning tergantung banyaknya data dan spesifikasi komputer yang dipakai)

Supaya hasil scanning virus lebih maksimal rekomendasinya install ulang terlebih dulu system operasi windows yang digunakan, setelah selesai jangan membuka drive (partisi) lain selain drive C kemudian lakukan scanning menggunakan anti virus terbaru.

Menggunakan Aplikasi Restore File

Jika file yang dibuka mengalami pesan eror Cyclic Redundancy Check datanya sangat penting, coba restore data dengan aplikasi restore. Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

  • Aplikasi restore Recuva
  • Aplikasi Pandora
  • Aplikasi Stellar Photo khusus untuk media dalam bentuk foto
  • Aplikasi Videobrake untuk data dalam bentuk video

Setelah menentukan aplikasi yang hendak dipakai untuk restore file data, kemudian install aplikasi tersebut kemudian jalankan sesuai petunjuk pemakaian aplikasi restore.

Akhir Kata

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi adanya pesan eror Cyclic Redundancy Check.

Dari cara-cara yang saya sampaikan diatas bisa dicoba satu persatu semoga data anda masih bisa selematkan dan bisa membantu.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *