Cara Mengambil Uang di ATM BCA

  • 4 min read
  • Jul 11, 2020
Cara mengambil uang di ATM BCA

ATM (Automatic Teller Machine) adalah sebuah mesin yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan secara mandiri seperti tarik tunai, transfer uang ke sesama bank atau antar bank, bayar tagihan bahkan bisa juga untuk isi pulsa melalui ATM.

Namun sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengambil uang di ATM BCA (Tarik Tunai BCA) namun jangan baper dulu karena awalnya saya juga tidak mengetahui caranya, tepatnya saat baru pertama memiliki ATM.

oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan share pengalaman mengambil uang di ATM BCA semoga aja bisa bermanfaat buat anda yang masih bingung proses pengambilan uang di ATM BCA.

Sebelum langsung ke pembahasannya, saya akan memulai dari hal-hal yang berkaitan dengan proses tarik tunai di ATM BCA salah satu diantaranya ialah cara mengatasi ATM tertelan di mesin ATM

Pengertian ATM

ATM merupakan singkatan dari (Automatic Teller Machine) sedangkan dalam bahasa indonesi yang baik dan benar yaitu Anjungan Tunai Mandiri. Sesuai dengan namanya, ATM merupakan sebuah mesin perbankan menggunakan sistem komputerisasi yang bisa digunakan oleh nasabah bank untuk transaksi keuangan.

Apa yang dimaksud Kartu ATM?

Kartu ATM merupakan jenis kartu yang digunakan untuk transaksi dan bisa mengakses tabungan melalui yang namanya mesin ATM sehingga nasabah bank bisa melakukan transaksi keuangan secara mandiri.

Nasabah bank bisa mengambil sejumlah uang melalui mesin ATM dengan cara memasukan 6 digit PIN (personal Identification Number) sifatnya sangat rahasia hanya boleh diketahui oleh pemilik ATM saja.

Untuk bisa memiliki Kartu ATM, seseorang haruslah terdaftar secara resmi sebagai nasabah bank dan telah memiliki buku rekening bank.

Daftar ATM BCA Terdekat di Yogyakarta

Bagi nasabah Bank BCA yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan hendak mengambil uang di ATM BCA bisa mendatangi alamat terdekat.

Berikut 10 Daftar Alamat ATM BCA yogya, daftar dibawah ini hanyalah sebagian saja dari sekian banyaknya ATM yang ada di jogja.

Lokasi ATM BCA bisa saja berubah sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh manajeman BCA.

NOATMALAMAT
1ATM BCA KCP Ahmad DahlanJl. KH. Ahmad Dahlan No. 27, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, 55122 (Lokasi di Bank BCA kantor cabang pembantu Ahmad Dahlan)
2ATM BCA Pasar BeringharjoJl. Pabringan Selatan, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta (Lokasi di kawasan Metro Beringharjo)
3ATM BCA – Tugu JogjaJl. Jend. Sudirman, Gowongan, Jetis, Yogyakarta (Lokasi ada di dalam Circle K)
4ATM BCA MallioboroJl Malioboro 52-58 (lokasi di Malioboro Shopping Mall 1)
5ATM BCA Indomaret Gedong Kuning 2Jl. Gedong Kuning No. 5, Banguntapan Yogyakarta
6ATM BCA Superindo KaliurangJl. Kaliurang KM. 6.2 No. 51 Yogyakarta
7ATM BCA SPBU Coco AdisuciptoJl. Adisucipto KM 6, Yogyakarta
82086 – Jogjakarta Plaza Hotel 2Jl. Gejayan Comp Colombo Yogyakarta
9077N – Mirota KaliurangJl. Kaliurang Km 6,1 Yogyakarta
101550 – Kusuma Negara 2Jl. Kusuma Negara No. 18

Mengambil Uang di ATM BCA

Cara mengambil uang di ATM BCA bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke Bank yaitu dengan cara menarik uang di ATM BCA menggunakan ATM/Paspor BCA.

Cara Mengambil Uang di ATM BCA Pakai Paspor BCA

Buat nasabah yang baru pertama mengambil uang di ATM BCA bisa membaca cara berikut dibawah ini;

Mencari Lokasi ATM Terdekat

Nasabah BCA yang ingin mengambil uang di ATM BCA bisa mendatangi lokasi-lokasi ATM BCA terdekat di daerahnya masing-masing.

Tips mudah menemukan lokasi ATM BCA biasanya terdapat di pusat-pusat perbelanjaan, biasanya juga terdapat baik di Alfamart atau indomaret dan atau lokasi strategis lainnya di wilayah masing-masing.

Memasukan Paspor BCA ke Mesin ATM

Nama lain ATM BCA adalah Paspor BCA, Setelah anda sampai di lokasi dan sudah berada di depan mesin ATM, Ambilah kartu Paspor BCA dan masukan ke mesin ATM BCA.

Pada saat memasukan Paspor BCA hendaknya membaca/mengikuti sesuai petunjuk stiker yang tertempel di mesin ATM (terdapat diatas lubang kartu ATM) psosisi kartu tulisan Paspor BCA menghadap Keatas dan tulisan Paspor BCA berada di sebalah ujung kanan.

Masukan PIN Paspor (PIN ATM BCA)

Setelah Paspor (ATM) masuk ke mesin ATM langkah selanjutnya Masukan 6 digit PIN Paspor BCA. Saat memasukan PIN hendaknya tangan kiri menutupi saat tangan kanan menekan pinpad pada mesin ATM supaya PIN Paspor BCA terjaga kerahasiaannya.

PIN Paspor BCA akan terblokir secara otomatis jika anda salah memasukan sebanyak 3X, oleh karenanya jangan sampai salah memasukan PIN saat mengambil uang di ATM BCA.

Pilih Nominal Uang yang Hendak diambil

Setelah anda berhasil masuk menggunakan PIN Paspor BCA masing-masing, maka langkah selanjutnya ialah menentukan nominal jumlah uang yang hendak diambil.

Besarnya nominal uang yang hendak diambil disesuaikan dengan pecahan nominal yang tersedia termasuk kelipatannya.

Sebagai contohnya, Jika Mesin ATM yang anda datangi menggunakan nominal pecahan 100.000 maka anda hanya bisa mengambil minimal Rp 100.000 atau kelipatannya sesuai yang tertera di layar mesin ATM BCA.

Jika anda hendak mengambil uang dengan kelipatan yang tidak tertera di layar monitor ATM bisa melakukannya dengan cara menekan Tombol Menu Lainnya.

Menunggu Uang Keluar dari Mesin ATM

Setelah anda menentukan besarnya nominal uang yang akan diambil dan telah menekan “Benar‘ mesin ATM akan mengeluarkan bunyi sebagai tanda bahwa transaksi pengambilan uang di ATM sedang diproses, uang akan segera keluar melalui slot keluarnya uang biasanya tepat berada di depan anda.

Mencetak Bukti Transaksi Tarik Tunai ATM

Saat anda mengambil uang melalui ATM BCA biasanya akan keluar bukti penarikan uang melalui Slot kecil (bisanya dalam bentuk kertas warna putih).

Beberapa mesin ATM ada juga yang hanya menampilkan jumlah saldo rekening anda di layar monitor ATM, atau ada juga yang memunculkan notifikasi apakah ingin cetak bukti atau tidak.

Konformasi Trasaksi Lainya Iya atau Tidak

Setelah proses pengambilan uang, biasanya masin ATM akan mengkonfirmasi melalui layar monitor apakah ada transaksi lainnya atau tidak.

Tekan Ya jika ingin melakukan transaksi lagi melalui ATM, atau tekan Tidak jika ingin mengakhiri proses pengambilan uang.

Menunggu Paspor BCA Keluar dari Mesin ATM

Setelah anda mengakhiri mengambil uang di ATM BCA, maka langkah selanjutnya ambil paspor (ATM BCA) di slot saat anda memasukan kartu ATM.

Bagaimana jika ATM “tertelan” mesin ATM?

Jika paspor BCA “tertelan” di mesin ATM anda bisa meminta bantuan dengan cara telepon/menghubungi Call Center BCA. Pada intinya, jangan sampai anda meninggalkan begitu saja atau pulang tanpa membawa Paspor BCA.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *