Cara Membuat Whatsapp Bisnis

  • 3 min read
  • Oct 12, 2020
Cara Membuat Whatsaap Bisnis

WhatsApp bisnis kini menjadi pilihan banyak pengusaha untuk dapat berkomunikasi secara lebih optimal dengan pelanggan. Tidak sedikit pebisnis yang menggunakannya karena menawarkan beragam fitur menarik seperti balas otomatis. Namun, seringkali kalangan pemula merasa kebingungan bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis dan balas otomatis.

Apa Itu WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis merupakan layanan yang diberikan kepada pengusaha UMKM ataupun perusahaan besar. Tidak hanya untuk sarana penghubung antara pemilik bisnis dengan pelanggan, namun juga sarana menyalurkan bisnis kepada pengguna.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger

Ada beberapa perbedaan antara WhatsApp bisnis dengan WhatsApp Messenger. Misalnya saja perbedaan dari segi logo aplikasi, nama akun pengguna, profil, nomor telepon kantor, statistis pesan, fitur pesan otomatis, kategori bisnis dan lain sebagainya.

Baca Juga Cara Merubah Tanggal Kadaluarsa Whatsaap

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Berikut cara membuatnya:

Download Aplikasi WhatsApp Bisnis

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp bisnis terlebih dahulu. Pengunduhan dapat dilakukan secara gratis di Google Playstore.

Lakukan Sign Up

Setelah aplikasi berhasil terinstal sempurna, lakukan proses Sign Up dengan menuliskan nomor telepon bisnis beserta kode negara. Kemudian, akan ada verifikasi nomor sebagaimana pada WhatsApp biasa.

Lengkapi Nama Akun Bisnis

Berikutnya, Anda perlu menamai akun bisnis sesuai dengan brand atau nama Anda. Untuk tahap ini pengguna perlu berhati-hati karena hanya bisa dilakukan sekali dan tidak dapat diubah kembali.

Isi Profil secara Lengkap

Tahap berikutnya yaitu melengkapi profil. Di dalamnya akan akan form-form yang perlu diisi. Misalnya, kategori, alamat, deskripsi, email, jam kerja dan website.

Isi Form pada Fitur Perpesanan

WhatsApp bisnis memiliki fitur perpesanan otomatis sehingga pelanggan akan mendapatkan jawaban otomatis saat mengirim pesan. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu melengkapi form pada fitur perpesanan sesuai dengan keinginan.

Setelah semua tahapan di atas berhasil dilakukan dengan baik, kini WhatsApp bisnis Anda telah dapat digunakan. Termasuk memasangnya di website atau media sosial agar pelanggan dapat mengaksesnya lebih mudah saat ingin membeli.

Cara Mengatur Balas Otomatis di WhatsApp Bisnis

Orang yang baru mulai menggunakan WhatsApp bisnis biasanya merasa bingung bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis dan balas otomatis. Sebenarnya ini sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

Atur Jam Kerja

Sebelum mengaktifkan perpesanan, pebisnis perlu mengatur jam operasional perusahaan atau jam kerja. Caranya, buka aplikasi WhatsApp bisnis, kemudian klik centang tiga pada pojok kanan atas. Kemudian, pilih setelan di sisi paling bawah. Jika sudah, pilih menu setelan bisnis.

Pastikan profil telah terisi secara lengkap dan mulai isi jam kerja pada form jam kerja. Berikutnya, klik jadwal. Berikutnya akan muncul tiga pilihan yang dapat disesuaikan dengan bisnis masing-masing. Pilihan tersebut adalah hanya buka pada jam-jam tertentu, selalu buka dan dengan janji temu saja.

Jika bisnis Anda hanya buka pada jam-jam tertentu, geser ke kanan untuk mengaktifkannya dan pilih hari dan masukkan jam-jam buka masing-masing harinya. Jam kerja sudah berhasil

Masuk ke Setelan Bisnis dan Pilih Pesan di Luar Jam Kerja
Selanjutnya, untuk bisa mengaktifkan balas otomatis di WhatsApp bisnis Anda perlu masuk ke menu Setelan Bisnis. Kemudian, akan muncul beberapa menu di dalamnya seperti profil, tautan pendek, statistis, pesan di luar jam kerja serta salam dan balas cepat. Klik menu pesan di luar jam kerja.

Setelah itu, geser ke kanan dan klik aktifkan agar pesan otomatis tersebut bisa muncul di pesan pelanggan.

Isi Form Pesan dan Jadwal

Setelah mengaktifkan pesan di luar jam kerja, lanjutkan dengan mengisi pesan yang akan dikirimkan untuk membalas chat pelanggan. Isi pesan ini biasanya berupa kata-kata yang menunjukkan bahwa di luar jam kerja Anda tidak menerima order di luar jam operasional.
Setelah itu, pilih jadwal dimana pesan tersebut harus dikirim. Ada beberapa pilihan, yaitu selalu kirim; jadwal khusus dan di luar jam kerja. Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Isi Pesan Salam Otomatis

Selain itu, WhatsApp bisnis juga menawarkan fitur pesan otomatis berupa salam. Untuk mengaktifkannya, buka menu Setelan, kemudian Setelan Bisnis dan pilih Salam. Setelah itu, aktifkan menu salam sebelum mengisi kata-kata untuk menyapa pelanggan.

Setelah itu, isi salam tersebut dengan kata-kata yang Anda inginkan. Pesan otomatis di WhatsApp bisnis telah berhasil diaktifkan. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan balas cepat sehingga pelanggan bisa langsung mendapat balasan atas pertanyaan mereka.

Cara membuat WhatsApp bisnis dan balas otomatis sebenarnya sangat mudah. Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika menggunakan aplikasi ini. Seperti bisnis lebih terpercaya di mata pelanggan, promosi produk menjadi lebih mudah dan banyak lagi lainnya.

Video Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Buat anda yang masih belum jelas dengan penjelasan cara membuat whatsapp bisnis diatas bisa simak video berikut:

Akhir Kata

Whatsaap bisnis memang sangat berbeda dengan whatsaap biasa (messenger) sebagaimana penjelasan diatas.

Semoga tutorial cara membuat whatsaap bisnis diatas bermanfaat.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *