Cara Import Barang dari Cina ke Indonesia Untuk Pemula

  • 2 min read
  • Mar 06, 2020
CARA IMPORT BARANG DARI CINA

Perkembangan bisnis sekarang ini terus berkembang baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan lainnya seperti berbagai macam bentuk barang elektronik.

Pelaku usaha, terus melakukan inovasi untuk terus mengembangkan usahanya dengan cara mendapatkan barang atau bahan produksi dengan harga yang relatif lebih murah, sehingga bisa menekan harga jual dan bisa bersaing di pasar.

Salah satu cara dari 1001 cara mendapatkan barang/bahan produksi dengan harga yang relatif murah salah satunya dengan membeli barang dari luar negeri (import).

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara import bahan produksi/barang dari negara cina yang terkenal dengan harganya yang murah.

Memiliki Surat Ijin Import Barang

Pembelian barang dari luar negeri (import) tentu sangat berbeda jauh dengan pembelian barang dalam negeri, karena pembelian barang dari luar negeri membutuhkan legalitas (perijinan) untuk melakukan import barang dari cina ke indonesia.

antara logistic

Permasalahan tentunya akan muncul jika belum memiliki surat ijin import, namun permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan jasa perusahaan Freight Forwading Antara Logistic yang bisa membantu proses import barang/bahan produksi yang anda butuhkan dari cina.

Mencari Supplier

Hal yang pertama kali dilakukan saat hendak melakukan import barang tentunya mencari penyedia (supplier) barang yang hendak anda beli dari cina.

Pastikan supplier barang yang hendak anda beli terpercaya, salah satunya yakni dengan cara melihat track record supplier tersebut.

Hadirnya media digital seperti sekarang ini tentunya lebih mempermudah untuk mencari supplier terpercanya dengan cara melihat testimoni yang telah diberikan oleh pembeli sebelumnya.

Pengiriman Barang

Biaya pengiriman dari cina ke indonesia tentunya disesuaikan dengan pengiriman yang dipilih oleh importir.

Pengiriman jalur udara (Air Freight)

Pengiriman jalur udara air freight dikhususkan untuk barang yang ringan dan membutuhkan waktu lebih cepat dalam pengiriman.

Pengiriman Jalur Laut (Ocean Freight)

Pengiriman jalur laut biasanya digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak baik LCL Less Container Load (kurang dari satu kontainer) maupun FCL Full Container Load (satu kontainer).

Tentunya ada sedikit perbedaan antara pengiriman barang melaui jalur udara dan laut yakni untuk pengiriman jalur laut membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara import barang dari cina semoga bermanfaat.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *