Arti Overload dalam Pengiriman Paket Online

  • 3 min read
  • Jul 29, 2021
arti overload pengiriman

Apa yang akan anda lakukan jika anda mendapati paket anda terjebak overload dalam pengiriman saat melakukan cekresi sering menjumpai istilah overload dalam pengiriman dan kondisi seperti itu wajar saat anda belanja pada saat terjadi moment tertentu.

istilah Overload pengiriman barang bagi anda pecinta belanja online harus diketahui sebabnya, meskipun hal tersebut sudah nggak aneh lagi dengan istilah ini bukan khususnya pecinta marketplace indonesia?

Prosentase belanja online  naik tajam saat terjadi momen-momen tertentu terlebih saat sedang ada gratis ongkir besar-besaran seperti menjelang hari raya atau libur panjang.

Penjelasan overload pada kesempatan ini bersifat khusus yang berkaitan dengan proses pengiriman barang atau paket yang dibeli secara online atau anda menggunakan jasa pengiriman barang. untuk yang sifatnya umum silahkan cari artikel lain yang lebih relevan hehe….

Istilah “overload” dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai “kelebihan muatan” tentu masih memiliki makna yang amat sangat luas dan jauh dari apa yang akan kita sampaikan pada kesempatan ini yang berkaitan dengan pengiriman paket.

arti overload pengiriman saat belanja online

Maksud kata Overload memiliki makna di luar kapasitas. Dalam hal pengiriman, maksudnya ialah jumlah barang yang dikirim terlalu banyak tidak sesuai dengan jumlah kapasitas maksimal yang bisa dijalankan oleh penyedia jasa, yang ada kaitannya dengan jumlah pegawai, armada dan bisa jadi system yang mengontrol saat menjalankan pengiriman barang. 

Contoh kasusnya seperti dibawah ini

Layanan jasa pengiriman barang pada hari normal mampu mengirim 10000 paket dalam sehari, namun pada moment tertentu semisal menjelang hari raya karena banyak orang belanja secara online harus mengirim paket sejumlah 4 kali lipat sehingga terjadi penumpukan paket. 

adanya lonjakan paket yang tidak wajar pihak jasa kirim tentu akan kualahan mengatasi hal tersebut yang menyebabkan overload atau over kapasitas yang menyebabkan molornya estimasi sampainya barang.

Apa Saja Efek Saat Terjadi Pengiriman Overload 

Efek yang terjadi pada saat terjadi overload biasanya molornya waktu sampainya paket pada konsumen (mengalami keterlambatan) tidak sesuai estimasi pada waktu normal.

Contohnya, pengiriman paket dari pangandaran ke jakarta jika hari normal hanya memakan waktu 24 jam, namun jika terjadi overload bisa mencapai lebih misalnya membutuhkan waktu sampai 3 hari atau bahkan lebih. 

Overload Pengiriman bisanya terjadi pada moment tertentu seperti pada saat terjadi libur panjang, menjelang peringatan hari raya seperti hari raya idul fitri atau juga bisa terjadi saat terjadi pergantian tahun. 

Overload dalam pengiriman tentu akan sangat susah dihindarkan karena hal tersebut terjadi berdasarkan perilaku konsumen yang susah untuk di duga-duga namun tentunya masih bisa diantisipasi oleh pihak penyedia jasa kiriman supaya tidak terjadi overload pengiriman.  

Meski demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa overload juga bisa terjadi di hari-hari biasa dan diluar yang sudah disampaikan diatas, mengingat sekarang ini banyak marketplace yang menyediakan diskon belanja besar-besaran.

Solusi Belanja Online Agar Paket Tidak Datang Terlambat Saat Overload

Paket ingin cepat sampai saat overload pengiriman?

Semua orang yang belanja online tentu mengharapkan barangnya cepat sampai meskipun terjadi overload di pengiriman, namun jika hal tersebut terjadi hal yang perlu dilakukan hanya bisa menunggu paket sampai. 

Meskipun de,ikian, ini dia trik yang admin gampangbanget bisa sampaikan supaya tidak terjebak overload pengiriman paket. 

#1. Bagi Pembeli atau Penerima Paket : Belanjalah Online Lebih Awal

Saat beli barang secara online cobalah belanja lebih awal untuk mengindari overload pengiriman jasa ekspedisi. 

Solusi yang ditawarkan tentu anda harus belanja lebih awal sesaat menjelang moment seperti hari raya supaya barang atau belanjaan yang dikirim via jasa paket bisa datang tepat waktu.

Pengalaman saya, untuk menghindari telatnya barang sampai menghindari overload dengan belanja lebih awal sesaat sebelum moment datang. 

Dengan belanja lebih awal, overload bisa kita hindari dan paket datang sesuai estimasi.

#2. Bagi Seller atau Pengirim: Pakai Layanan Jasa Pengiriman Tercepat

Saat Menyerahkan paket kiriman tentu akan ditawari oleh pihak jasa kirim berbagai macam layanan yang bisa diambil. Cobalah minta penjelasan mengenai masing-masing dari produk jasa kirim yang ditawarkan dan analisa mana yang paling cepat. 

Misalnya untuk mengirim paket dari kota A ke kota B ada beberapa layanan yang bisa dipilih supaya barang cepat sampai ke pembeli.

Contohnya

Sebagai contoh, pihak ekspedisi menawarkan dua jenis layanan:

  • Pengiriman paket dengan estimasi waktu kirim 1-3 hari.
  • Pengiriman paket dengan estimasi waktu besok sampai.

Pilihlah layanan yang tercepat dari yang biasanya karena paket anda akan menjadi prioritas jasa kirim

#3. Bagi Penerima: Cobalah Aktif dan Ambil Paketnya Sendiri

Cek resi menjadi salah satu alat atau metode yang bisa dipakai untuk memantau pergerakan paket sudah sampai kota mana paket yang dikirimkan.

Jika status paket sudah sampai di kota tujuan, cobalah ambil ke counter atau kantor cabang terdekat. 

Untuk mempercepat dan memotong kompas, tidak ada salahnya untuk mengambil paket sendiri ke counter layanan jasa kirim terdekat. 

Mengapa demikian? karena dengan mengambil paket sendiri ke counter tentu akan mempercepat paket diterima oleh customer. 

#4. Pengirim dan Penerima: Sama-sama Hubungi Pihak Ekspedisi dan menayakan status pengiriman

Jika paket yang dikirimkan sudah sampai batas estimasi sampai namun belum diterima, alangkah bijaksananya pembeli dan penjual menanyakan status paket kiriman karena ada kemungkinan terjadi overload pengiriman sehingga paket tidak datang sesuai estimasi waktu yang telah ditentukan.

jika hal tersebut sudah dilakukan tentu pihak espedisi bisa melacak keberadaan paket dengan menghubungi kurir yang berada di kota dimana paket tersebut berada supaya segera diproses.

Akhir Kata

Arti Overload dalam pengiriman barang sebagaimana penjelasan yang sudah disampaikan diatas semoga bisa memberikan titik terang dan Semoga bermanfaat.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 2 =