Penyebab dan Trik Mengatasi Apk Tidak Bisa Diaktifkan

  • 4 min read
  • Jan 12, 2022
cara mengatasi apk tidak bisa diaktifkan

Banyak pengguna ponsel yang mengaku jika beberapa apk tidak bisa diaktifkan sehingga mengganggu fungsinya. Tentu saja masalah ini terdengar begitu mengganggu terlebih ketika aplikasi tersebut memang cukup penting. Lantas apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Apk Tidak Bisa Diaktifkan

penyebab dan cara atasi aplikasi android tidak bisa dijalankan
Aplikasi tidak bisa diaktifkan

Masalah yang muncul pada ponsel Android memang tidak bisa diatasi. Mengingat jika tingkat penggunaannya juga kian tinggi tentu akan berdampak pada kesehatan smartphone-nya. Lantas apa saja penyebab dari apk tak bisa diaktifkan?

Cache dan File Sampah Menumpuk dalam Memori Ponsel

Menumpuknya cache memang seringkali tidak disadari oleh banyak penggunanya. Bagi mereka yang jarang membersihkannya, tentu membuat file sampah hanya akan memenuhi memori ponsel. Tentu saja kondisi ini bisa menghambat kinerja ponsel bahkan beberapa apk terganggu untuk dibuka.

Baca Juga : Cara Mematikan Aplikasi Smart Lock

Sebenarnya cache juga berfungsi untuk menyimpan history ketika pengguna ponsel membuka suatu aplikasi. Namun sayangnya, jika menumpuk terlalu banyak hanya akan membuat memori internal penuh dan menyebabkan aplikasi error, lemot bahkan tidak bisa dibuka.

RAM Ponsel Penuh dan Bugs pada Aplikasi

Space RAM yang tidak begitu memadai pada suatu ponsel juga menjadi salah satu penyebab dari lemotnya smartphone saat membuka sebuah aplikasi. Terlebih jika apk tersebut terasa begitu berat dengan ukuran memori cukup besar. Solusinya adalah pintar dalam manajemen memori secara baik.

Selain itu, apk tidak bisa diaktifkan juga bisa disebabkan karena adanya bugs pada apk tersebut. Hal ini tentunya sudah berasal dari aplikasi itu sendiri. Jadi penting halnya untuk mengecek apakah pengunduhan benar-benar aman atau justru mendatangkan virus baru pada sebuah ponsel Anda.

Terserang Virus dan Malware dari Unduhan Aplikasi

Perangkat Android berbagai merk seperti OPPO dan Samsung sebenarnya jarang terdeteksi virus namun hal ini juga bisa saja terjadi. Bahkan adanya malware tersebut menjadi penyebab dari aplikasi yang tidak dapat diaktifkan. Sayangnya banyak pengguna kurang menyadari serangan tersebut.

Download Aplikasi Zoom

Maka dari itu, untuk meminimalkan serangan ini Anda bisa menginstall aplikasi yang bisa mendeteksi virus. Unduhlah apk tersebut di Google Play Store. Tentunya pilihannya sangat beragam namun pastikan jika rating dan jumlah unduhannya cukup tinggi sehingga tidak perlu meragukannya lagi.

Trik Mengatasi Apk Tidak Bisa Diaktifkan

Secanggih apapun ponsel yang Anda miliki tentu juga bisa mengalami kerusakan, macet atau bahkan error pada suatu aplikasi. Bahkan masalah ini sudah sering dialami oleh pengguna Android sehingga mereka kebingungan bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa solusi memperbaikinya:

Reboot Ponsel Android

Cara yang paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan me-reboot atau restart ponsel Android Anda. Melalui solusi ini, maka kelebihan muatan di dalam RAM smartphone akan berkurang sehingga mampu membuka dan menjalankan sebuah aplikasi agar terasa lebih ringan.
Dengan cara ini, maka ponsel Android akan kembali segar atau fresh sehingga mampu menjalankan aplikasi sebagaimana mestinya. Lebihnya lagi, kinerja pada RAM ponsel juga maksimal karena tidak banyak apk yang berjalan di belakang.

Membersihkan Cache Ponsel

Hal ini memang seringkali dialami oleh banyak pengguna ponsel karena tidak rajin membersihkan cache ponsel sehingga hanya akan memenuhi memori pada smartphone. Tentu saja kondisi ini membuat kinerja smartphone terasa begitu berat. Anda bisa memanfaatkan adanya apk cleaner.

Dengan menggunakan bantuan apk cleaner pada Google Play Store, maka fungsi membersihkan jauh lebih maksimal dilakukan. Hal ini tentu berdampak baik pada performa ponsel dan juga berjalannya aplikasi terinstall di dalamnya. Namun Anda juga bisa melakukannya secara manual di menu Settings.

Menggunakan Aplikasi Keamanan

Kini sudah banyak ponsel Android yang telah dilengkapi dengan aplikasi keamanan. Fungsi utamanya yakni akan membersihkan segala jensi virus, cache hingga melakukan optimalisasi ketika kinerja HP sudah terasa berat. Namun pengguna harus melakukan secara manual sehingga perlu rajin mengecek.

Anda bisa menggunakan aplikasi keamanan ini untuk melakukan boost baik pada aplikasi maupun memori. Sebagai contohnya, pada HP Xiaomi akan ada ikon berwarna hijau yang ada pada tampilan utama. Selanjutnya klik menu Pembersih untuk mulai membersihkan file tidak terpakai dan juga cache.

Menghentikan Aplikasi Secara Paksa

Metode berikutnya yang bisa Anda gunakan yakni menghentikan aplikasi secara paksa dimana dianggap sebagai cara lebih ampuh jika dibandingkan dengan sebelumnya. Tujuannya yakni mampu menghentikan apk agar tidak terus terbuka dan berjalan pada latar belakang layar meski tak digunakan.

Seperti misalnya ketika Anda sudah tidak menggunakan WhatsApp lagi namun masih berjalan di layar belakang. Tentu kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab dari memori ponsel terasa begitu penuh. Caranya, buka menu Pengaturan lalu klik Manajemen Aplikasi dan aktifkan opsi Paksa Berhenti.

Update Aplikasi yang Tidak Bisa Diaktifkan
Untuk cara berikutnya ini, bisa Anda lakukan dengan memperbarui aplikasi yang bersangkutan agar mendapatkan versi terbaru dari apk tersebut. Siapa tahu dari update ini akan berjalan lancar tanpa dijumpai kendala lagi. Lakukan metode ini melalui Google Play Store seperti saat mengunduhnya.

Masuklah pada aplikasi Google Play Store untuk selanjutnya kunjungi ke aplikasi yang bersangkutan. Klik pada menu Perbarui atau Update dan tunggu beberapa saat. Cek kembali apakah apk sudah berjalan normal atau masih tidak dapat dibuka.

Menghapus Data pada Aplikasi Android

Jika setelah update aplikasi yang bersangkutan masih dijumpai kendala sama, maka perlu menghapus data pada apk Android. Cara ini dianggap sangat berpengaruh pada basis data, data login dan juga semua cache di dalam ponsel. Tujuannya agar membersihkan segala sampah dan file tidak berguna.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena dengan cara ini maka aplikasi pada versi standar bisa menjadi lebih segar layaknya apk baru setelah diinstall ulang. Caranya yakni bukalah menu Pengaturan lalu Setelan Tambahan dan Manajemen Aplikasi. Carilah apk yang rusak dan klik pada menu Hapus Data.

Perbarui Sistem Operasi Ponsel Android

Terakhir, Anda perlu melakukan pembaruan pada sistem operasi ponsel Android yang kini sedang digunakan. Namun cara ini benar-benar dijadikan sebagai opsi paling akhir apabila opsi sebelumnya juga tidak membuahkan hasil. Pertama, cek dulu apakah aplikasi tersebut sudah support pada ponsel.

Jika aplikasi masih belum support dengan sistem operasi pada ponsel Android, maka jawabannya alah harus melakukan update terlebih dahulu. Bukalah menu Pengaturan lalu klik opsi Pembaruan Sistem. Tunggu hingga beberapa waktu sampai proses selesai dan smartphone dapat digunakan kembali.

Akhir Kata

Ada banyak penyebab yang menyebabkan apk tidak bisa diaktifkan sehingga Anda perlu mengetahui sebelum menentukan bagaimana cara mengatasinya. Jadi sebelum pergi ke tempat service, maka cobalah untuk memperbaikinya sendiri karena begitu mudah dan tidak memerlukan banyak uang.

Meskipun demikian, lakukan semuanya dengan penuh kehati-hatian jika hendak mencoba memperbaiki apk tidak bisa diaktifkan supaya tidak menambah kerusakan yang lebih serius lagi di ponsel kesayanganmu.

Kasih Rating Dong Ka ☺️

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × five =

You cannot copy content of this page