Cara Mengecek Spesifikasi HP dan Versi Android Nya

Cara Mengecek Spesifikasi HP dan Versi Android Nya

Terkadang saat kita akan membeli HP bekas atau second kita harus mengetahui spesifikasi dan juga versi dari android pada HP tersebut. Mungkin ada yang berpikir, tinggal googling saja di google maka kita akan dapat info spesifikasi nya. Hal tersebut bisa saja dilakukan, namun kita harus melihat dengan jeli & juga detail agar kita mendapatkan informasi yang sebenarnya tentang HP yang akan kita beli tersebut.

Dalam membeli sebuah HP sedikit saran dari saya yakni minimal HP tersebut mempunyai RAM 2GB, Internal 32GB dan sudah support android 4.4 Kitkat keatas. Kenapa? berikut jawabannya :

  1. RAM 2GB : Dengan kapasitas ini, kamu akan bisa mendapatkan kecepatan penggunaan HP yang anti ng elag. Khusus nya apabila kamu gunakan HP kamu untuk main game, browsing dan juga apabila kamu membuka banyak aplikasi.
  2. Internal 32GB : Dengan kapasitas ini HP kamu akan sangat terhindarkan dari nge hang. Penyebab dari HP yang nge hang yakni terlalu banyaknya data yang tersimpan di penyimpanan. Dengan kapasitas ini kamu bisa menyimpan foto-foto kesukaanmu dan juga bisa menyimpan banyak video.
  3. Android 4.4 KitKat keatas : Dukungan Sistem Operasi ini akan sangat membantumu, dimana dengan Sistem Operasi yang baru akan dapat menghemat kapasitas baterasi. Dan yang lebih penting yakni Sistem Operasi ini akan sangat support dengan aplikasi-aplikasi yang terbaru yang disediakan oleh Playstore.

Yuk kita eksekusi saja ya. Caranya gampang banget loh untuk mengetahui dari spesifikasi HP dan juga versi Android nya

Cara 1. Menggunakan aplikasi CPU-Z

Cara Mengetahui Spesifikasi HP dan Versi Android Nya

Cara ini merupakan cara yang paling gampang banget dan paling mudah untuk melihat detail spesifikasi HP dan versi androidnya. Kamu tinggal download aplikasi CPU-Z di HP kamu. Selanjutnya tinggal melakukan beberapa tahapan kamu akan dapat melihat informasi spesifikasi HP dengan lengkap. Setelah di instal, kamu buka aplikasi CPU-Z maka akan tampil informasi spesifikasi HP kamu seperti pada contoh gambar di atas.

Sebenarnya kita mempunyai banyak pilihan aplikasi untuk bisa mengecek spesifikasi HP beserta versi Android nya. Namun disini saya memilih CPU-Z dikarenakan ukurannya yang sangat ringan yakni 1,2 MB, diunduh sudah lebih dari 10 juta kali dan juga mendapat Poin Rating 4.5 di playstore.

Cara 2. Melalui Menu Pengaturan pada HP

Cara ini menggunakan aplikasi pengaturan pada HP tersebut. Cara ini kita tanpa menggunakan software yang diinstal. Namun minusnya yakni informasi spefisikasi HP dan tipe Android tidak bisa kita dapatkan sedetail menggunakan CPU-Z. Langsung saja klik "Menu Pengaturan >> Tentang Ponsel". Disini kamu akan mendapatkan informasi spesifikasi HP kamu. Dan untuk mengetahui tipe android kamu, klik "Informasi Perangkat Lunak". dan untuk mengetahui tentang baterai nya klik "Informasi Baterai".

 
Dua cara diatas yakni cara untuk mengecek spesifikasi HP dan juga versi androidnya. Ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing namun dengan tujuan yang sama.Untuk mengetahui informasi sedetail-detailnnya kamu bisa gunakan aplikasi CPU-Z. Namun apabila ingin mendapat informasi yang cepat kamu tinggal klik di menu pengaturan HP saja.

Semoga bermanfaat :)




Cara Mengecek Spesifikasi HP - Cara Mengecek versi Android - Cara Mengecek Spek HP - Cek Spek HP - Cara Mudah Mengecek Spesifikasi HP - Cara mudah mengecek versi android - cara cek spek HP - Cara cek versi Android di HP - Cara Cek Versi Android


4 Responses to "Cara Mengecek Spesifikasi HP dan Versi Android Nya"

  1. I recently found many useful information in your website especially this blog page. Among the lots of comments on your articles. Thanks for sharing. via app cloner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay. I am happy if it is useful for you :)

      Delete
  2. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post. HDfilme

    ReplyDelete
  3. Punyaku kalo pakai cara yang ke 2 kok belum ada ya.,. apa karena hpku jadul ya., padahal udah lollipop sih.. heheh, kalo pakai cara yang pertama itu hpku bisa...

    Dulu sempat bingung sih bagaimana cara check spesifikasi hp secara detailnya., ternyata pakai aplikasi tambahan. Melakukan check spesifikasi ini biasanya aku pakai untuk melihat seberapa compatiblenya perangat hp dengan game yang akan aku mainkan. Kalo gak compatible, ya siap siap saja gamenya force close..... hiksz :(

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel