Rahasia Sholat Dhuha




Ketika panas menjilat kulit adalah panas dari neraka dan ketika nafsu mendesak dalam dada adalah nafsu dari setan dan ketika gemulung rezeki yang mengitari empat arah adalah rezeki dari Allah atau bahkan ketika rahmat, perlindungan, hidayah bukan lain hanya karenaNya.

Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengambil air wudhu dan melakukan sholat Dhuha, hal ini disebabkan karena panas yang ketika itu menyengat tubuh, nafsu yang kala itu mendesak hati kita, dan gemulung rezeki yang pada waktu itu mengitari kita, atau bahkan Allah yang pada waktu Dhuha dekat dengan kita memberikan peluang bagi HambaNya untuk meminta perlindungan dari panasnya api neraka juga dari bara nafsu yang kala itu mendesak kita dan meminta petunjuk agar dimudahkan rezeki dan disucikan rezekinya.

Allah telah memfirmankan dalam surat Adh-Dhuha: Ketika matahari naik sepenggalan dan apabila malam telah sunyi, Allah sangat dekat dengan hambaNya. Allah tidak akan meninggalkannya jika sang hamba mendekatkan diri kepadaNya.

Ada fadhilah dibalik waktu matahari naik sepenggalan. Itulah waktu Nur Ilahi memancarkan fadhilahNya bagi pada hamba yang mau membuka hati untuk menerima karuniaNya. Jadi sungguh tidak salah bila sholat Dhuha lekat dengan ibadah/ritual pembuka untuk menjemput rezeki.

Dari Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la dari Uqbah bin Amir mengatakan Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa berdiri ketika matahari menampakkan diri lalu berwudhu dengan smepurn, kemudian melakukan shalat Dhuha dua rekaat, maka diampunilah segala dosany. Dia kembali bersih dari segala dosa sebagaimana ketika dilahirkan dari kandungan ibunya. (HR. Abu Ya’la dari Uqbah bin Amir)
 
Hadist di atas menjelaskan bahwa orang yang melakukan sholat Dhuha maka ia diampuni segala dosanya dan kembali suci sebagaimana ketika dilahirkan dari kandungan ibunya. Menandakan bahwa sholat dhuha merupakan sholat penebus dosa, sholat perlindungan dan sholatnya orang-orang yang bertaubat untuk kembali kepada Allah. Jadi dari pertimbangan ini maka amatlah jelas bahwa orbit yang ditimbulkan dari energi spiritual sholat Dhuha amatlah besar, misalnya:

-          dapat menghindarkan dari kemiskinan
-          dapat merubah kesulitan menjadi kemudahan dalam mencari rezeki
-          Allah akan membuatkan istana di surga
-          Allah akan menghapuskan segala dosanya
-          Allah akan mencukupi segala kebutuhannya.
-          Allah akan memberikan pintu khusus untuk masuk surga, dst.

Namun orbit yang dihasilkan dari sholat Dhuha yang paling dominan adalah nilai rezeki. Karena itu banyak orang yang mengerjakan sholat Dhuha, pasti ujungnya adalah menginginkan kemudahan rezeki, kesuksesan, dan menginginkan segala keterkabulannya yang kesemuanya itu bersumber pada kesenangan dunia. Hal ini tidak menjadi soal, asal jangan berlebihan. Karena jika berlebihan maka ia tidak akan mendapat kesenangan akhirat, melainkan hanya kesenangan dunia saja.

Yang dimaksud orbit adalah prinsip yang paling bernilai yang berfungsi sebagai motivasi utama yang mendorong manusia bekerja, berkarya, atau bergerak. Orbit inilah yang senantiasa dijadikan sebagai dasar atau pondasi dalam setiap kebijakan yang dibuat.



Orbit yang dihasilkan dari nilai spiritual sholat Dhuha memenuhi dua aspek yakni kepentingan untuk kesuksesan dunia dan kebahagiaan kelak di akhirat. Kesuksesan di dunia berupa pelimpahan rezeki, kecukupan kebutuhan hidup, sulit menjadi mudah. Sedangkan kesuksesan akhirat Allah sudah banyak menyediakan pahala, yang mana pahala tersebut sebagai kunci unutk memasuki kenikmatan yang sudah disediakan di surga.

Karena itu mantapkan diri anda untuk mendinamiskan usaha dengan selalu diiringi sholat Dhuha, sebab sholat Dhuha adalah pintunya rezeki, ruhnya rezeki, dan kuncinya kebahagiaan dunia dan akhirat. Lepaskan perasaan untuk selalu berkeluh kesah dan pandanglah situasi anda dengan sikap lebih berani menerima tantangan bukan meninggalkan tantangan. Percaya bahwa diri anda memang benar-benar mampu, percaya diri, penuh harap dan apreseiatif. Tapi jangan lupa iringi selalu langkah usaha anda dengan kedinamisan sholat Dhuha. Sebab kenyataannya, spiritual sholat dhuha dapat memberikan motivasi diri untuk selalu maju dan terus maju, disamping dapat memberikan kepositifan gerak, terarahnya rencana dan tercapainya tujuan.



Pada kesimpulannya bahwa sholat Dhuha merupakan sholatnya orang yang mempunyai kestabilan jiwa. Karena bagaimana ia bisa melakukan apalagi merutinkan jika hatinya labil. Merutinkan sholat Dhuha sangat berat jika tidak dipaksa. Jangan ikuti pendapat orang yang mengatakan bahwa waktu Dhuha adalah waktunya bekerja. 

Apakah dengan sholat kita bisa mendapatkan uang?

Kedinamisan hidup bisa dilihat dari orang yang hidupnya selalu seimbang. Seimbang keinginan lahir juga seimbang dengan kebutuhan spiritual. Dan keseimbangan ini bisa dibuktikan melalui aktifitas kerja yang diiringi dengan melakukan sholat Dhuha. Jika anda ingin menjadi muslim/muslimah yang dilapangkan dan diberkahi rezekinya, mulailah sekarang juga merengkuh kemukjizatan fadhilah sholat Dhuha secara istiqamah. Demikian uraian singkat dalam kajian tema pembahasan ini. Selanjutnya tergantung anda, karena andalah yang akan menikmatinya. Semoga seusai anda membaca uraian ini, anda akan mengerti betapa dasyatnya mukjizat-mukjizat ajaib di balik ibadah sunnah sholat Dhuha atascapaian kekayaan dan kebahagiaan hidup ini.



0 Response to "Rahasia Sholat Dhuha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel